RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Banjar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Kelas
/ Semester : VIII / 1 Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit (1 x
pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
Mempraktikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dengan teknik dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya.
II. Kompetensi Dasar
Mempraktikkan keterampilan teknik
bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri
III. Indikator
Kognitif
1.
Menyebutkan
teknik dasar permainan bola volly.
2.
Menjelaskan
cara melakukan teknik dasar smash.
Psikomotor
1.
Mendemonstrasikan
teknik dasar permainan bola volly.
2.
Mendemonstrasikan
cara melakukan teknik smash.
Afektif
1.
Memperhatikan
penjelasan guru tentang teknik dasar permainan bola volly
2.
Menunjukan rasa tanggung jawab dalam
melakukan teknik smash
dalam
permainan bola volly.
3.
Menunjukkan sikap kompetitif dalam
melakukan teknik smash
dalam
permainan bola volly.
4.
Menunjukkan sikap bekerjasama dalam
melakukan teknik smash
dalam
permainan bola volly.
IV. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran kelompok:
1.
Siswa
mampu menyebutkan teknik dasar permainan bola volly.
2.
Siswa
mampu menjelaskan cara melakukan teknik smash.
3.
Siswa
mampu mendemonstrasikan teknik dasar permainan bola volly.
4.
Siswa
mampu mendemonstrasikan cara melakukan teknik smash.
5.
Siswa
mampu memperhatikan penjelasan guru tentang teknik dasar permainan bola volly.
6.
Siswa
mampu menunjukan
rasa tanggung jawab dalam melakukan teknik smash dalam permainan bola volly.
7.
Siswa
mampu menunjukkan
sikap kompetitif dalam melakukan teknik smah dalam permainan bola volly.
8.
Siswa
mampu menunjukkan
sikap bekerjasama dalam melakukan teknik smash dalam permainan bola volly.
V. Materi Pembelajaran
5.1.
Teknik smes (Smash) pada permainan bola
volly
5.1.1
Sikap awal
a.
Berdiri miring atau serong dengan jarak
3-4 meter dari net.
b.
Tolakkan badan ke atas dengan kedua kaki dan dibantu dengan
ayunan kedua tangan.
c.
Setelah melakuakan tolakan tangan kanan berada
pada disamping kepala belakang untuk melakukan pukulan.
5.1.2
Sikap pelaksanaan
a.
Pukul bola dengan telapak tangan
disertai dengan gerakan lecutan pergelangan tangan dan badan.
b.
Bola dipukul pada bagian atas belakang
agar pergerakan bola menjadi top spin.
5.1.3
Sikap akhir
a.
Mendarat dengan kedua kaki dengan
kaadaan lentur (mengeper)
b.
Siap untuk bermain kembali
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe Student Teams Achiement
Division (STAD)
VII.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Fase
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Pembelajaran
|
Kegiatan Persiapan Pembelajaran
1.
Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, absensi, hand out, lembar penilaian).
2.
Menyiapkan alat (peluit, bola volly, jam tangan)
|
|
2
|
Pembelajaran Pendahuluan
Fase 1: Orientasi/ menyampaikan tujuan
|
Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (Pola P-A-L-T-P)
1.
Presensi dan berdoa.
Siswa berbaris 5 saf, guru memberi salam, mengecek kehadiran siswa dan doa bersama.
2.
Apersepsi.
Menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan
awal siswa.
a. Pernahkah kalian bermain bola volly?
b. Bagaimanakah
orang bermain volly?
3.
Lingkup materi.
a.
Smes (smash)
4.
Tujuan
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran, latar belakang,
penting dan manfaat pelajaran teknik dasar permainan bola volly. Menyiapkan siswa untuk belajar.
5.
Pemanasan.
a. Pemanasan dilakukan secara bersama, gerakan pemanasan mengacu kepada materi pelajaran.
b. Formasi pemanasan
dilakukan dengan membentuk barisan 5 saf. Pemanasan juga di berikan dalam bentuk permainan tradisional.
|
15
menit
|
3
|
Pembelajaran Inti
Fase 2:
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
Fase 3:
Mengorganisasikan dalam kelompok-kelompok belajar.
Fase 4:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar.
Fase 5:
Tes (Penilaian)
|
Kegiatan Pembelajaran Inti (Pola T-M-F-K)
a. Guru
menyajikan/mendemonstrasikan materi sevis atas dalam permainan bola volly. (Eksplorasi)
b. Siswa
mencermati gerakan yang diberikan sambil memikirkan konsep gerakan smash. (Eksplorasi)
c. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok yang masing-masing
kelompok terdiri dari 40 orang siswa dengan anggota kelompok yang heterogen
baik jenis kelamin, ras, etnik maupun kemampuan (tinggi, sedang rendah) dan
mengatur posisi siswa. (Eksplorasi/konfirmasi)
d. Guru memberikan Tugas gerak, melakukan smash dengan intruksi guru sebagai timer, siswa melakukan di masing-masing
kelompok. Siswa bergantian dalam melaksanakan dalam satu kelompok. Siswa melakukan smash secara bergantian. (Elaborasi)
e. Guru
Memonitor
dan evaluasi sambil menjadi timer tugas gerak yang dilakukan oleh
siswa (Elaborasi/Konfirmasi).
f. Memberikan
Feedback (kebenaran gerakan smash dan kesesuaiannya dengan tujuan
pembelajaran). (Konfirmasi)
g. Konstruksi nilai-nilai
Olahraga bekerjasama
dengan teman dalam menyelesaikan tugas gerak).(konfirmasi)
Penilaian dilakukan terhadap seluruh siswa untuk mengetahui hasil belajar
baik individu maupun kelompok.
Siklus T-M-F-K
dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan
minimal (KKM)
a. Guru memberikan evaluasi secara individu dan kelompok
terkait dengan materi yang sudah dilakukan.
b.Penilaian dilakukan terhadap seluruh siswa untuk
mengetahui hasil belajar baik individu maupun kelompok.
|
50
menit
|
4
|
Pembelajaran Penutup
Fase 6:
Pengakuan/penghargaan Kelompok
|
Kegiatan Penutup (Pola P-R-E-A-L)
a.
Pendinginan (colling down),agar biar siswa dapat menghilangkan ketegangan.
b.
Refleksi, guru memberi kesempatan siswa menyampaikan kesulitan yang
dihadapai selama pembelajaran.
c.
Evaluasi umum, guru memberikan saran/masukan setelah merefleksi kesulitan
siswa.
d. Apresiasi, memberi penghargaan
dan merespon kegiatan yang telah dilakukan siswa.
e.
Tindak Lanjut, pembiasaan
dalan kehidupan sehari-hari.
Doa penutup, terakhir memberi salam.
|
15 menit
|
VIII.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat : Bola volly, Peluit, stopwatch /
jam tangan.
2.
Bahan : Ruang terbuka yang datar dan aman.
3.
Sumber Belajar :LKS Ratih, pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan, kelas VIII
semester Gasal.
Buku referensi
a.
Ratih. 2012. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Klaten: Sekawan.
IX.
PENILAIAN
9.1
Aspek penilaian
Kognitif
(N1)
Pada
tes Kognitif yang dinilai adalah kemampuan siswa memahami pelajaran operan diatas
kepala. Penilaian dilakukan dengan memberikan tes uraian kepada siswa.
Skor maksimal 10.
Bobot aspek penilaian kognitif 20.
Petunjuk Soal: Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan benar
S
o a l :
1.
Bagaimanakah cara melakukan teknik smash?
2.
Apa saja tehnik dasar dalam permainan
bola volly?
Jumlah
Skor Siswa
Jumlah
Skor maksimal
9.2 Penilaian
Aspek Afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh
guru dan siswa didasarkan pada perilaku yang ditunjukkan siswa selama proses
pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan. Skor maksimal adalah 16. Bobot penilaian afektif adalah 30
Lembar Pengamatan Aspek Afektif/
perilaku Siswa selama Pembelajaran.
Petunjuk: Berilah angka 1 – 4*) pada
kolom sikap yang diamati skor sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa
selama proses pembelajaran.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Yang Diamati
|
Jml
Skor
|
Jml Nilai
|
|||||||||||||||
Memperhatikan Tutor
|
Berani meragakan
|
Kerjasama Kelompok
|
Menghargai Teman
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
16
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1= kurang, 2= cukup, 3= baik, 4= sangat baik
Jumlah
Skor Siswa
Jumlah
Skor maksimal
9.1 Aspek
Penilaian Psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang
dilakukan oleh guru didasarkan pada unjuk kerja/ gerak yang ditunjukkan siswa
selama proses pembelajaran sesuai dengan rubrik penilaian. Penilaian aspek
psikomotor dilaksanakan pada setiap pertemuan.
Skor
maksimal adalah 8.
Bobot
penilaian psikomotor adalah 50
Jumlah
Skor yang diperoleh
Jumlah
Skor maksimal
Rubrik
Penilaian Hasil Belajar
Tabel
1. Rubrik
Penilaian teknik smash permaianan bola volly
Persiapan
|
|
Skor
|
Deskripsi
|
2
|
·
Berdiri miring atau serong dengan
jarak 3-4 meter dari net.
·
Tolakkan badan ke atas dengan kedua kaki dan dibantu
dengan ayunan kedua tangan.
·
Setelah melakuakan tolakan tangan
kanan berada pada disamping kepala belakang untuk melakukan pukulan.
|
1
|
Bila hanya 1 dari 3 indikator di atas yang
terpenuhi.
|
Pelaksanaan
|
|
Skor
|
Deskripsi
|
3
|
·
Pukul bola dengan telapak tangan
disertai dengan gerakan lecutan pergelangan tangan dan badan.
·
Bola dipukul pada bagian atas
belakang agar pergerakan bola menjadi top spin.
|
2
|
Bila hanya 1 dari 2 indikator di atas yang
terpenuhi.
|
1
|
Bila hanya 1 dari 3 indikator diatas terpenuhi.
|
Akhiran
|
|
Skor
|
Deskripsi
|
2
|
·
Mendarat dengan kedua kaki dengan
kaadaan lentur (mengeper)
·
Siap untuk bermain kembali
|
1
|
Bila hanya 1 dari 2 indikator diatas terpenuhi.
|
Format Penilaian
Tabel 6 Format Hasil Belajar teknik
servis dan passing atas.
No
|
NAMA
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Jml. Skor
|
Jumlah Nilai
|
||||||
Teknik smes
(smash)
|
||||||||||
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Gerak Lanjut
|
||||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
7
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal: 7
Rumus
Nilai Akhir (NA) = N1
+ N2 + N3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar